Perkembangan Jasa Aqiqah Jogja

Aqiqah adalah amalan rutin bagi keluarga muslim yang baru memiliki anak. Prosesi aqiqah merupakan wujud puji dan syukur atas rahmat dan karunia nikmat atas kelahiran anak dengan menyembelih hewan kambinh. Aqiqah dilakukan saat bayi berumur 7 hari. Untuk aqiqah anak lelaki, disembelih 2 ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan disembelih hanya seekor kambing.

Syariat aqiqah ini mendapat porsi tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia khususnya keluarga muslim. Ada banyak hal unik yang berkaitan dengan aqiqah. Meski telah ditetapkan usia 7 hari sebagai usia yang utama melakukan aqiqah namun, pada praktek di masyarakat kita serng dijumpai berbeda. Ada anak yang di aqiqah saat berumur setahun, belasan tahun, bahkan puluhan ketikan menjelang menikah.

Selain itu, prosesi aqiqa juga berbeda di setiap daerah dengan dipengaruhi adat istiadat tertentu. Ada yang dibikin pesta seramai mungkin, ada yang mengundang kelompok penyanyi, ada pula yang diiringi shalawat dan barzanji. Itulah beberapa dari sekian banyak keunikan prosesi aqiqah di Indonesia.

Terkhusus di Jogja, pelaksanaan ritual aqiqah memiliki makna dan nuansa yang berbeda. Umat muslim di Jogja bisa dibilang memiliki angka yang cukup signifikan. Dan dengan beberapa indikator, Jogja termasuk kota yang memiliki penduduk muslim yang taat. Jadi kita akan cukup sering menyaksikan prosesi aqiqah di setiap sudut kota maupun pedesaan.

Menanggapi perkembangan zaman, maka ritual aqiqah di Jogja dipermudah dengan hadirnya jasa aqiqah yang disediakan oleh rumah katering. Hal ini cukup rasional melihat kondisi masyarakat perkotaan Jogja yang super sibuk dengan mobilitas tinggi. Hadirnya jasa katering ini sungguh menjadi solusi yang sangat tepat. Hal ini juga menjadi tanda bahwa bisnis kuliner di Jogja tidak ada matinya.

Jasa aqiqah di Jogja menawarkan banyak sekali kemudahan bagi mereka keluarga yang sibuk. Mekanisme jasa ini sama dengan jasa katering makanan biasa untuk acara kawinan dan lain lain. Namun yang berbeda hanyalah jenis menunya yang terkhusus pada kambing ditambah layanan tambahan lainnya.

Jasa aqiqah Jogja merupakan salah satu yang termurah. Hal ini sejalan dengan anggapan umum orang bahwa Jogja adalah surganya makanan atau kuliner murah. Meski sekarang anggapan itu sudah tidak tepat, namun tidak menghilangkat fakta bahwa harga makanan di Jogja masih terjangkau. Untuk setiap paket termurah dengan porsi kotak hanya dipatok 1.2 – 1.5 juta. Hal ini sudah lebih dari cukup untuk keluarga kota yang notabene tidak mengundang lebih dari 50 orang. Sedangkan untuk paket yang termahal, yang masih terjangkau, disediakan 20-300 porsi dengan hanya dipatok harga 4-5 juta rupiah.

Seiring berkembangnya zaman teknologi, bisnis makanan jas aqiqah Jogja juga berkembang pesat khususnya katering. Masyarakat sangat dimanjakan dengan mudahnya menemukan jasa katering aqiqah di Jogja yang memiliki layanan yang bagus. Selain menghemat waktu, juga menghemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *